SD Swasta di Jakarta Timur, Uang Sekolah Mulai Rp 900 – Penerimaan Peserta Ajar Baru (PPDB) DKI 2022 level SD menjelang tahap pengajuan akun sebelum registrasi setiap jalanan. Di samping PPDB SD yang dibuka di sekolah negeri, ayah dan bunda juga dapat memutuskan SD swasta sebagai sekolah tujuan siswa.
Sebagai acuan, berikut sejumlah SD di Jakarta Timur dan tarif sekolah per bulan seperti dikutip dari berjenis-jenis sumber:

SD Swasta di Jakarta Timur dan Tarif Sekolah Per Bulan

1. SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun
SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun, Jakarta Timur berdiri semenjak 1994. Ketika ini, SD Al Azhar di Rawamangun hal yang demikian memmiliki fasilitas lapangan basket, lab komputer, auditorium dan mesjid, lapangan bermain, ruang belajar, kantin, perpustakaan, dan sanggar mini. Dikutip dari website sekolah, siswa dapat memilih kesibukan ekstrakurikuler marawis, lukis, biola, tari, vokal, bahasa Inggris, science essential skill, robotik, pramuka, bulu tangkis, dan panahan.

Baca Juga : 5 SD Swasta di Bekasi dan Biaya Sekolahnya, Ada SPP Rp 2,6jt

Di samping belajar, siswa juga bisa mencontoh program Amaliah Ramadhon, Pesantren Pekerti Mulia (Salam), Malam Bina Taqira (Mabit), Khatmul Qur’an, Tahfidz Camp, Qiro’ah Ummi, Amaliah Qurban, Cambridge Primary Check Point, Dokter Kecil/PMR, perkemahan Sabtu Pekan, studi tamasya (fieldtrip)| English Camp, Market Day, Immersion, dan Math Club.

Tarif sekolah di SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun terdiri dari uang pangkal sekitar Rp 35,7 juta termasuk uang daftar ulang sampai kelas 6 SD dan seragam sekolah, uang buku pembelajaran sekitar Rp 1,9 juta, uang komite per tahun sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu, dan SPP per bulan sekitar Rp 1,6 juta.

2. Embun Pagi Islamic School (EPIS)
Embun Pagi Islamic School (EPIS) terletak di Kalimalang, Jakarta Timur. Sekolah ini terdiri dari TK, SD, dan SMP Embun Pagi.

SD Islam Embun Pagi dilengkapi dengan fasilitas audiovisual kelas, perpustakaan, ruang salat, lab komputer dan sains, lapangan sepak bola mini, lapangan basket, dan mesjid. SD swasta ini juga mempunyai taman bermain di dalam dan luar ruangan, sampai kolam renang semi-olympic.

Dikutip dari website sekolah, EPIS mengaplikasikan pendekatan pelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) yang memungkinkan siswa belajar dari apa yang mereka mainkan di sentra bermain. Figur pelajaran ini mendukung konsentrasi pada cara kerja serta pengalaman belajar sehingga siswa diinginkan bisa membangun pengetahuannya sendiri dari cara kerja hal yang demikian.

Tarif sekolah di SD Islam Embun Pagi terdiri uang registrasi sekitar Rp 650 ribu, sekitar Rp 2,7 juta per tahun untuk pembayaran SPP, sekitar Rp 3,8 juta untuk uang pengajaran per tahun, sekitar Rp 29 juta untuk uang fasilitas sekolah, sekitar Rp 2 juta per tahun untuk uang kesibukan, dan sekitar Rp 350 ribu per tahun untuk uang komite.

3. SD EMIISc Jakarta
Sekolah Islam Terpadu Favorit Metropolitan atau EMIISc terletak di Kramat Jati, Jakarta Timur. Sekolah ini terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, dan Boarding.

SD EMIISc di antaranya mendukung siswa untuk hafal Al Qur’an 3 juz (28, 29, dan 30), berbahasa Inggris dan Arab dalam komunikasi sehari-hari. Dikutip dari website sekolah, siswa juga bisa mencontoh kesibukan ekstrakurikuler seperti pramuka, futsal, karate, archery club (panahan), desain grafis, basket, English Club, Arabic Club, sampai merajut.

Tarif sekolah di SD EMIISc terdiri atas uang registrasi dan percobaan masuk sekitar Rp 500 ribu, uang pangkal sekitar Rp 20 juta, dan SPP per bulan sekitar Rp 1,1 juta. Tarif sekolah ini telah termasuk buku untuk 1 tahun pembelajaran dan bahan seragam 5 stel.

4. SDIT Ar Rahmah Jakarta
SD Islam Terpadu (SDIT) Ar Rahmah Jakarta terletak di Durian Sawit Barat II, Jakarta Timur. Sekolah ini menggunakan kecakapan dasar komunikasi dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris via kesibukan ekstrakurikuler.

Para siswa SDIT Ar Rahmah belajar terpisah antara putra dan putri. Pelajaran mengaplikasikan cara fun learning dengan skor-skor Islami komplit dengan penerapan aplikasi Ms. Office, Ms. Teams, dan dunia maya. Siswa juga bisa mencontoh fieldtrip, kunjungan edukatif, outbond, dan tenda. Di akhir sekolah, siswa diinginkan hafal minimal 2 juz Al Qur’an.

Tarif sekolah di SDIT Ar Rahmah terdiri dari donasi pengajaran sekitar Rp 11,5 juta, seragam sekolah sekitar Rp 1,7 juta, buku dan modul sekitar Rp 1,2 juta, uang kesibukan sekolah Rp 2,8 juta per tahun, dan SPP sekitar Rp 900 ribu per bulan.

5. SD Jakarta Islamic School
Jakarta Islamic School terletak di di Jl. Manunggal I, Jakarta Timur. Sekolah ini mengadaptasi kombinasi cara pelajaran dari Malaysia, Australia, dan Singapura dengan pendidikan skor-skor Islam. Kelas SD Jakarta Islamic School mengaplikasikan konsep kelas kecil berisi 12-16 siswa.

Dikutip dari website sekolah, Jakarta Islamic School juga membuka level TK, SMP, SMA, dan boarding. Para siswa bisa belajar berkuda, archery, immersion, futsal, sampai saman di kesibukan ekstrakurikuler.

Tarif sekolah di SD Jakarta Islamic School terdiri dari uang pangkal sekitar Rp 27,5 juta. Besaran ini termasuk uang kesibukan, dan uang buku, serta SPP per bulan sekitar Rp 2,6 juta.