Prospek Kerja Jurusan Pertanian di Indonesia – Jurusan pertanian bukanlah jurusan baru di Indonesia. Pun, jurusan ini sudah menjadi fakultas tersendiri di beberapa perguruan tinggi. Jurusan pertanian yakni jurusan yang mempelajari pertanian serta kaitannya dengan lingkungan dan kelangsungan hidup manusia. Sebagai ilmu yang telah dipelajari selama ratusan tahun, membuat lulusannya masih tetap dicari.

Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat, jurusan pertanian mulai berkembang dengan menggabungkan bidang ilmu lain. Misalnya agribisnis, agroteknologi, hingga proteksi tanaman.

6 Prospek Kerja Jurusan Pertanian, Dapat Jadi PNS

Setelah lulus, mahasiswa akan menggaet gelar Sarjana Pertanian (SP) dan berkarier di bidang pertanian. Jangan cemas, karena prospek kerja jurusan ini masih terbuka lebar.

Menginformasikannya dari website Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, ini 5 prospek kerja jurusan pertanian.

1. Konsultan Pertanian
Seorang konsultan bertugas memberi anjuran dalam sektor industri pertanian. Bagi tamatan pertanian, kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk memulai karir dengan gaji berkisar Rp 5-10 juta.

2. Industri Pangan
Perusahaan yang bergerak di bidang pangan bisa jadi kesempatan bagi tamatan pertanian. Gaji dari profesi ini berkisar Rp 5-10 juta.

Baca Juga : 10 Peran Dosen Pembimbing Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Akademisi
Profesi ini pantas bagi kamu yang ingin menjadi dosen maupun guru biologi SMA. Seorang sarjana pertanian juga bisa mengajar biologi karena semasa kuliah banyak mempelajari lingkup tentang biologi. Gaji yang ditawarkan malahan mulai dari Rp 5 juta dan akan bertambah sesuai prestasi.

4. Peneliti
Melalui bermacam penelitian dan praktikum, bisa menjadi bekal sebagai seorang peneliti. Gaji dari profesi ini mulai Rp 7 juta hingga puluhan juta rupiah.

5. Wirausahawan
Tak ingin kerja untuk perusahaan? Kamu juga bisa menjadi wirausahawan. Bisnis yang ditekuni tentunya mengenai sektor pertanian dengan gaji tak terbatas.

6. PNS
Terakhir, tamatan sarjana pertanian juga bisa bekerja di Dinas Pertanian dan perkebunan sebagai PNS. Gajinya malahan menjanjikan yakni mulai dari Rp 5-20 juta.