Kelebihan Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) di SMK – Teknik kendaraan ringan atau TKR yakni salah satu jurusan yang ada di level Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Dalam jurusan TKR ini, Kau akan mempelajari ilmu dan materi pelajaran yang berhubungan dengan dunia permesinan, secara khusus mesin-mesin kendaraan. Bagi Kau yang sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan ini, berikut sebagian kelebihan dan kekurangan jurusan TKR untuk pertimbangan Kau.

Kelebihan Jurusan TKR

1. Kelebihan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Di jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Kau akan memperoleh materi teori dan praktek yang berhubungan dengan industri otomotif. Hal ini membikin Kau mempunyai keahlian tentang otomotif, dimana prospek kerjanya dikala ini masih cukup luas. Kau dapat berprofesi di berjenis-variasi perusahaan otomotif internasional yang banyak membuka pabrik-pabriknya di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan besar ini juga senantiasa memerlukan banyak karyawan ahli tiap-tiap-tiap-tiap-tiap-tiap-tiap-tiap tahunnya, dimana Kau yang mempunyai latar belakang pengajaran teknik kendaraan ringan tentu akan mempunyai kans lebih besar.

Prospek karir para tamatan teknik kendaraan ringan juga diprediksi masih akan terus diperlukan sampai bertahun-tahun ke depan. Hal ini mengingat perkembangan industri otomotif yang masih terus berkembang kencang tiap-tiap-tiap-tiap-tiap-tiap-tiap-tiap harinya. Karenanya. Kau akan senantiasa mempunyai kans kerja yang terbuka lebar.

Kelebihan dan kekurangan jurusan TKR berikutnya yakni keahlian yang akan Kau peroleh. Kecuali untuk berprofesi di berjenis-variasi perusahaan otomotif, Kau juga dapat membuka usaha dan bisnismu sendiri dengan memanfaatkan ilmu yang Kau miliki. Kau dapat membuka usaha bengkel yang akan senantiasa diperlukan oleh orang-orang mengingat mereka akan senantiasa memerlukan tenaga ahli untuk merawat kendaraan-kendaraan mereka.

Baca Juga : 10 Kampus Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

2. Kekurangan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Dunia otomotif secara khusus para montir dan mekanik identik dengan profesi yang cukup berat di bengkel yang dekil dan panas. Semacam pula dengan berjenis-variasi praktek yang dilaksanakan di jurusan Teknik Kendaraan Ringan akan berlangsung di bengkel dan membikin Kau sepatutnya menghadapi mesin-mesin.

Dikala melaksanakan praktek, Kau akan berkotor-kotoran dan berpanas-panasan dengan mesin hal yang demikian. Bagi Kau yang tak terbiasa, hal ini tentu tak akan menyenangkan.

Dalam melaksanakan berjenis-variasi praktek hal yang demikian, Kau juga membutuhkan peralatan-peralatan khusus yang sepatutnya Kau beli dan persiapkan. Semacam pula bila Kau berkeinginan melaksanakan latihan sendiri di rumah. Kau sepatutnya mempunyai media dan peralatan yang berhubungan dengan dunia otomotif hal yang demikian. Karenanya, pastikan Kau mempunyai anggaran yang cukup untuk hal-hal semacam ini saat Kau mempertimbangkan untuk masuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Dikala Kau lulus dan mempertimbangkan untuk membuka bengkel, Kau juga sepatutnya mengawalinya dengan modal yang cukup besar mengingat berjenis-variasi peralatan bengkel adalah peralatan-peralatan yang tak dapat dibilang murah.