Pendaftaran IISMA 2023 Sudah Dibuka, Ini Persyaratan – Registrasi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023 telah dibuka. Registrasi IISMA 2023 dibuka 8 Februari hingga 1 Maret 2023. IISMA ialah ialah skema beasiswa dari Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri. Beasiswa ini menawarkan dua skema untuk mahasiswa sarjana dan vokasi.

Dikutip dari situs iisma.kemdikbud.go.id, mahasiswa yang terpilih bisa menghabiskan satu semester untuk mempelajari kursus di luar jurusan mereka, memaksimalkan komunikasi antar adat istiadat dan keterampilan kepemimpinan. Kecuali itu mereka akan mendalami adat istiadat negara tuan rumah, memperluas jaringan internasional dan mengerjakan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan.

Pendaftaran IISMA 2023 Sudah Dibuka, Ini Persyaratan

1. Memperoleh 20 SKS

Menjamin 20 SKS ditransfer ke universitas di Indonesia untuk memutuskan mahasiswa tak ketinggalan sebab mencontoh program IISMA di universitas tuan rumah. Sebanyak 20 SKS didapat via kesibukan akademik dan kesibukan yang diambil menurut ketertarikan mahasiswa.

Baca Juga : UM Surabaya Buka Beasiswa untuk Influencer 2023

2. Mempelaru Ilmu Multidisiplin

Memberikan kans terhadap mahasiswa untuk mempelajari ilmu multidisiplin menurut ketertarikan masing-masing mahasiswa via pelbagai mata kuliah. Mereka bebas memilih mata kuliah yang tak ada hubungannya dengan jurusan di perguruan tinggi asal.

3. Menimba Pengetahuan dan Keterampilan

Memberikan kans terhadap mahasiswa untuk menimba ilmu dan keterampilan dari universitas ternama dunia di 30 negara. Peluang besar untuk belajar terhadap dosen yang mempunyai kapabilitas yang bagus di bidang studinya.

4. Meningkatkan Pemahaman Lintas Adat

Meningkatkan pemahaman lintas adat istiadat siswa via menerima pengalaman di negara tuan rumah. Siswa juga bisa memaksimalkan keterampilan lintas adat istiadat ketika mereka belajar dan tinggal di kelas yang sama dengan penduduk setempat.

5. Memperluas Jaringan

Meningkatkan jaringan di tingkat internasional via pertemuan mahasiswa lokal dan internasional, dosen dan masyarakat. Jaringan bisa didapat dengan terlibat dalam kesibukan akademik dan non-akademik di universitas tuan rumah.

6. Mempersiapkan Karier

Mempersiapkan jebolan yang berkwalitas dengan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan untuk menerima karir masa depan. Pengalaman belajar di luar negeri bisa memberikan skor lebih sebagai komponen penting dari bekal mahasiswa untuk dunia kerja di masa depan.

Cakupan Beasiswa IISMA 2023

• Registrasi dan Tarif Pengajaran

• PCR, Karantina, dan Asuransi Kesehatan (Mencakup COVID)

• Permukiman dan Tunjangan Hidup

• Karcis Pesawat Ekonomi dan Visa

• Dana darurat

Prasyarat Calon Pelamar IISMA 2023

1. Mahasiswa aktif yang teregistrasi di Pangkalan Data Pengajaran Tinggi (PDDIKTI) atau yang belum lulus

2. Mahasiswa Program Sarjana yang sedang duduk di semester 4 atau 6 di perguruan tinggi yang diakui di Indonesia (PTDN) di bawah Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; atau mahasiswa Diploma 3 yang sedang semester 4 dan mahasiswa Diploma 4 yang sedang semester 4 atau 6 dari perguruan tinggi yang diakui dengan program vokasi di Indonesia (PTPPV) di bawah Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

3. Warga negara Indonesia (WNI) yang sedang bertempat tinggal di Indonesia dan tak mempunyai kewarganegaraan ganda

4. Berusia optimal 23 tahun pada tanggal 1 Juli 2023

5. Tak pernah cuti kuliah selama studi S1 (bagi mahasiswa S1)

6. Tak pernah berpartisipasi dalam program mobilitas/pertukaran jasmani di luar negeri termasuk: Program Musim Panas, Magang, Pertukaran, Mobilitas Kredit, Sit-in, Gelar ganda/ganda atau program pemberian kredit lainnya yang dijalankan di luar negeri selama diploma 3, diploma 4, atau studi sarjana

7. Mempunyai IPK kumulatif minimal 3.0 (dari 4.0) diterangkan dengan transkrip skor terakhir

8. Kirimkan kemampuan bahasa Inggris yang memadai dengan poin minimum

Mahasiswa S1 dari PTDN :

i. Menempuh poin minimal TOEFL iBT – 78, IELTS – 6.0, atau Duolingo English Test – 100

ii. Kalau prasyarat kemahiran bahasa Inggris di universitas tuan rumah lebih tinggi dari skor i di atas atau cuma mendapatkan tipe percobaan kemahiran bahasa Inggris tertentu, karenanya prasyarat bahasa yang diatur oleh universitas tuan rumah akan digunakan terhadap pelamar,

Mahasiswa Vokasi dari PTPPV :

i. Menempuh poin minimal TOEFL iBT – 60, IELTS – 6.0, Duolingo English Test – 95, atau TOEIC Listening and Reading Test – 605,

ii. Kalau prasyarat kemahiran bahasa Inggris di universitas tuan rumah lebih tinggi dari skor i di atas atau cuma mendapatkan tipe percobaan kemahiran bahasa Inggris tertentu, karenanya prasyarat bahasa yang diatur oleh universitas tuan rumah akan digunakan terhadap pelamar, ke kode kelembagaan sah IISMA untuk masing-masing percobaan bahasa Inggris*.

9. Diusulkan oleh dari PTDN atau PTPPV yang ditandatangani oleh Ketua Program Studi

10. Tak mendapatkan tunjangan hidup dari dana/beasiswa lain dari Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Institusi Pengelola Dana Pengajaran (LPDP) selama Program IISMA

11. Tak mencontoh program Kampus Merdeka lainnya pada waktu yang berbarengan dengan Program IISMA

12. Tak pernah mencontoh lebih dari 1 (satu) Program Kampus Merdeka sebelum Program IISMA

13. Tak pernah melanggar regulasi, etika, dan/atau tata tertib yang berlaku di Indonesia

14. Bersedia mencontoh tata tertib dan regulasi selama mencontoh IISMA.

Dokumen yang Diperlukan untuk Melamar IISMA 2023

• Surat pernyataan ditandatangani dan dimeteraikan (bermeterai) orang tua pelamar • Surat pernyataan yang ditandatangani dan dimeteraikan (bermeterai) oleh Kepala Departemen dan Kepala Kantor Internasional atau jabatan lain yang relevan

• Surat Pernyataan Penerima Beasiswa KIP/Bidikmisi

• Akta kesanggupan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo/TOEIC).

• Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris)

Prosedur Registrasi IISMA 2023

1. Masuk ke situs https://iisma.kemdikbud.go.id/ dan klik apply for IISMA S1 kalau mahasiswa S1, atau apply IISMA mahasiswa Vokasi kalau mahasiswa Vokasi.

2. Daftarkan diri dengan mengisi formulir dengan domisili surat elektronik aktif, nama pengguna (buat), dan kata sandi. Klik “Daftar”

3. Kalau telah pernah mendaftar sebelumnya, dapat seketika login dengan akun yang telah dipunyai. Masukkan surat elektronik/nama pengguna dan kata sandi dan klik “Login”.

4. Halaman ini akan timbul kalau sukses login, lalu klik “register now” untuk melanjutkan progres pendaftaran.

5. Pilih tahapan program studi pantas untuk melanjutkan.

6. Isi dan lengkapi formulir dengan data diri dengan benar.

7. Formulir registrasi bisa diisi mulai 8 Februari 2023. Tetapi baru bisa mulai memilih universitas tuan rumah sesudah 13 Februari 2023.

8. Untuk melengkapi formulir, sepatutnya men-upload dokumen penunjang pantas tanda.

9. Pada komponen terakhir, sepatutnya menjawab pertanyaan esai dengan jujur dan sebenar mungkin.

10. Kalau berharap menaruh aplikasi separuh jalan, bisa mengklik tombol “Simpan Draf”. Harap dicatat bahwa dengan mengklik tombol “Simpan Draf”, calon peserta belum mengirimkan aplikasi, dan masih bisa mengedit kiriman.

11. Penyerahan sepatutnya dijalankan selama masa registrasi (8 Februari – 1 Maret 2023 pukul 23.59 WIB). Kalau tak, aplikasi akan dihapus.

Jadwal Seleksi IISMA 2023

• Registrasi : 8 Februari-1 Maret

• Masa Seleksi : Maret-April

• Pengumuman : April

• Persiapan Keberangkatan : April-Juni

• Progres Program : 23 Juli 2023-Maret 2024

• Kedatangan di Indonesia : Desember 2023-Maret 2024

• Laporan : Desember 2023-Maret 2024

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan IISMA sebagai salah satu program favorit Kampus Merdeka akan memaksimalkan apresiasi Pendaftaran IISMA 2023 dan pemahaman lintas adat istiadat mahasiswa, mempersiapkan generasi baru warga dunia yang siap berkontribusi bagi masyarakat dan dunia.

“Program pertukaran mahasiswa yang terbuka dan dinamis memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa Indonesia dengan pola pikir siap masa depan, pengetahuan, dan keterampilan Pendaftaran IISMA 2023 yang mereka butuhkan untuk sukses,” tutur Nadiem.