Pengertian PPDB (Penerimaan Peserta Ajar Baru), arti PPDB – Memperoleh pendidikan lebih baik merupakan keinginan setiap-setiap buah hati. Pemerintah melalui Kemendikbud telah membuat undang-undang untuk penerimaan siswa baru di setiap-setiap daerah melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PPDB adalah metode penerimaan yang ditujukan untuk pemerataan jalan masuk dan kualitas pendidikan.

Arti PPDB

Bagi Kamu yang penasaran apa definisi dari PPDB, yuk simak uraian berikut ini:

1. Cara PPDB

PPDB merupakan pelaksanaan pendaftaran siswa baru yang menggunakan metode khusus dengan rancangan satu sumber atau pusat isu sebagai server atau pengelola seleksi penerimaan siswa baru.

2. Di Tingkat Sekolah Apa PPDB Dapat Diterapkan

PPDB dikerjakan mulai dari pendaftaran sekolah tingkat paling dasar, adalah TK, SD, SMP, SMU, dan SMK. Jadi, dapat dipakai pada setiap-setiap tingkat sekolah.

Baca Juga : Kelebihan Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) di SMK

3. Mengapa Patut PPDB

PPDB merupakan metode yang sudah dikendalikan dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 dan disempurnakan dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 sehingga semestinya dikerjakan oleh semua panitia penerimaan siswa baru di setiap-setiap sekolah.

4. Di mana Saja PPDB Dilaksanakan

PPDB dikerjakan di setiap-setiap daerah di Indonesia, baik kota maupun kabupaten. Setiap-setiap sekolah semestinya mengerjakan pelaksanaan PPDB sesuai dengan ketentuan yang telah dikendalikan oleh Kementerian pendidikan.

5. Cara PPDB

PPDB adalah pelaksanaan penerimaan siswa baru yang dirancang agar penerimaan siswa baru terancang dengan baik sehingga sekolah dapat mengerjakan efisiensi pembiayaan dan mengurangi risiko terjadinya KKN.

Cara PPDB dapat dikerjakan secara luring maupun daring, tergantung kemampuan dari setiap-setiap sekolah atau daerah.

6. Jalur PPDB

Ada 4 jalur penerimaan yang dibolehkan dalam APBD, adalah jalur zonasi (50%), jalur perpindahan ayah dan bunda/wali (5%), jalur afirmasi (15%), dan jalur prestasi (30%).

7. PPDB Online

PPDB online merupakan pelaksanaan penerimaan siswa baru dengan metode daring menggunakan satu pintu, di mana data siswa yang mendaftar akan disatukan dalam sebuah basis data untuk kemudian dikerjakan pelaksanaan seleksi.

8. 3 Langkah PPDB Online

Tidak semua orang benar-benar memahami undang-undang mengenai PPDB online, berikut 3 tahap PPDB online:

Pendaftaran online yang dapat dikerjakan calon siswa atau ayah dan bunda dari rumah.
Verifikasi pendaftaran online dari rumah oleh operator dari sekolah atau dinas pendidikan yang membuka pendaftaran.
Mengecek hasil seleksi yang bisa diamati oleh calon peserta didik.

9. Biaya PPDB

Adakah biaya yang semestinya dikeluarkan untuk mendaftar PPDB online? Ketika mengerjakan pendaftaran awal tidak ada biaya yang semestinya dikeluarkan. Biaya mungkin akan semestinya dikeluarkan saat pengumuman sudah keluar, adalah untuk biaya pendaftaran ulang.

10. Jalur Zonasi PPDB

Jalur zonasi merupakan jalur pendaftaran dengan kuota terbesar dalam PPDB, adalah 50% dari kekuatan tampung sekolah. Jalur zonasi mengutamakan siswa yang berdomisili dekat sekolah untuk diterima lebih dulu.